Pengaruh Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cimahi

Authors

  • Suryani Nir Apriyanti Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Wajib Pajak Badan

Abstract

The aim of this research is to investigate the impact of Fiscus Services on Taxpayer Compliance as well as the impact of Tax Sanctions on Taxpayer Compliance. The method applied in this research is a descriptive verification method, with random sampling. The data used in this research is primary data, obtained through filling out questionnaires by 96 Corporate Taxpayers registered at KPP Pratama Cimahi. Data analysis was carried out using Multiple Regression Analysis with the help of IBM SPSS 20 for Windows software. The research results show that Fiscus Services have a positive influence on Taxpayer Compliance, and Tax Sanctions also have a positive influence on Taxpayer Compliance.

References

Buku & Jurnal

Arum, H.P. (2011). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Pajak dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas – Studi Wilayah KPP Pratama Cilacap, Dipenogoro, Journal of Accounting. Vol.1 No. 1p. 1-8

Faisal, G. S. M. (2009). How to be a smarter taxpayer: Bagaimana menjadi Wajib Pajak. Jakarta: Grasindo

Firdaus, M. (2004). Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif. Jakarta: Bumi Aksara

Fitri, W. (2015). Pengaruh Kesadaran WP, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan WPOP, Tax&Accounting. (16233411-1).Program studi akuntansi, Universitas Negeri Padang

Fuadi, A. O. Dan Mangoting, Y. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM, Tax & Accounting. Vol.1 No.1 p.18-25

Ghozali, I. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Dipenogoro

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi – Edisi 7. Semarang: Badan Penebitan Universitas Dipenogoro

Gunadi. (2005). Fungsi Pemeriksaan terhadap Peningkatan Kepatuhan Pajak (Tax Compliance, Jurnal Perpajakan Indonesia. Vol. 4,No. 5

Harinurdin, E. (2009). Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Badan, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Vol. 16 No. 2Mei – Agustus 2009 hlm. 96-104

Husein, Umar. (2008). Metodelogi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Hutagaol, J., Winarno, W., & Pradipta, A. (2007). Jurnal, Strategi meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak, Akuntabilitas. Vol. 6 No.2 p.186-193

Ilyas, W. B., & Burton, R. (2013). Hukum Pajak – Teori, Analisis, dan Perkembangannya. Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat

Ilyas, W. B. (2010). Perpajakan Indonesia. Jakarta : salemba empat

Jatmiko, A.N. (2006). Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak – Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang. Tesis. Semarang: Program Studi Magister Akuntansi Program Pasca Sarjana Universitas Dipenogoro

Jotopurnomo, C. & Mangoting, Y. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas pelayanan fiskus, sanksi perpajakan, lingkungan wajib pajak Terhadap kepatuhan wajib pajak Orang Pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review. Vol. 1 No. 1 p. 49-54

Mardiasmo. (2013). Perpajakan – Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurmantu, S. (2005). Pengantar Perpajakan. Jakarta : Kelompok Yayasan Obor

Nurmantu, S.(2007). Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelayanan Perpajakan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Orgsnisasi, Bisnis & Birokrasi. Vol. 15 No. 1 (Januari)

Rahayu, S. K. (2010). Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rahayu, S. K. (2013). Perpajakan Indonesia – Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu Rahman. 2011. Pengaruh Persepsi tentang sanksi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Pelayanan pajak pada Kepatuhan Wajib Pajak. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol.12 No. 2p.97-109

Rajif, M. (2011). Pengaruh Pemahaman, Kualitas Pelayanan, dan Ketegasan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak Pengusaha UKM di daerah Cirbon. Jurnal Ekonomi Akuntansi

Riduwan., & Kuncoro, E.A. (2007). Cara Menggunakan dan Memakai Analisis (Path Analysis). Bandung: CV. Alfabeta

Riduwan. (2009). Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

Santosa, S. (2002). Buku Latihan Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media

Santosa, S. (2005). Buku Latihan Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media

Sekaran, U. 2014. Research Methods For Business – Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Buku 1 Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat

Suandy, E. 2011. Hukum Pajak Edisi 5. Jakarta : Salemba Empat

Sudjana. (2005). Teknik Analisis Regresi Dan Korelasi. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Supadmi, N. L.(2010). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan, Jurnal Akuntansi dan bisnis. Vol.4 No. 2 Juli 2009. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Soekanto, S. (2007). Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum. Jakarta: CV Rajawali

Utami, T.D., & Kardinal. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang, Jurnal Akuntansi. pp 1-9

Zain, M. (2008). Pembaharuan Perpajakan Nasional. Bandung: PT Citra Aditya Bakti

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-undang No.28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan

Keputusan Menteri Keuangan No.554/KMK.04/2000 Jo KMK.03/2003

Peraturan Direktur Jendral Pajak Nomor PER-02/PJ/2014, Tentang Pelayanan Perpajakan

Surat edaran DJP No. SE-84/PJ/2011, Tentang Pelayanan Prima

Downloads

Published

30-09-2023

How to Cite

Apriyanti, S. N. (2023). Pengaruh Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cimahi. Journal of Economics, Finance, and Social Science Review (JEFSOR), 1(1), 11–22. Retrieved from http://journal.epistemikpress.id/index.php/JEFSOR/article/view/195

Issue

Section

Articles