Pengaruh Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cimahi
Keywords:
Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Wajib Pajak BadanAbstract
The aim of this research is to investigate the impact of Fiscus Services on Taxpayer Compliance as well as the impact of Tax Sanctions on Taxpayer Compliance. The method applied in this research is a descriptive verification method, with random sampling. The data used in this research is primary data, obtained through filling out questionnaires by 96 Corporate Taxpayers registered at KPP Pratama Cimahi. Data analysis was carried out using Multiple Regression Analysis with the help of IBM SPSS 20 for Windows software. The research results show that Fiscus Services have a positive influence on Taxpayer Compliance, and Tax Sanctions also have a positive influence on Taxpayer Compliance.
References
Buku & Jurnal
Arum, H.P. (2011). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Pajak dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas – Studi Wilayah KPP Pratama Cilacap, Dipenogoro, Journal of Accounting. Vol.1 No. 1p. 1-8
Faisal, G. S. M. (2009). How to be a smarter taxpayer: Bagaimana menjadi Wajib Pajak. Jakarta: Grasindo
Firdaus, M. (2004). Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif. Jakarta: Bumi Aksara
Fitri, W. (2015). Pengaruh Kesadaran WP, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan WPOP, Tax&Accounting. (16233411-1).Program studi akuntansi, Universitas Negeri Padang
Fuadi, A. O. Dan Mangoting, Y. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM, Tax & Accounting. Vol.1 No.1 p.18-25
Ghozali, I. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Dipenogoro
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi – Edisi 7. Semarang: Badan Penebitan Universitas Dipenogoro
Gunadi. (2005). Fungsi Pemeriksaan terhadap Peningkatan Kepatuhan Pajak (Tax Compliance, Jurnal Perpajakan Indonesia. Vol. 4,No. 5
Harinurdin, E. (2009). Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Badan, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Vol. 16 No. 2Mei – Agustus 2009 hlm. 96-104
Husein, Umar. (2008). Metodelogi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Hutagaol, J., Winarno, W., & Pradipta, A. (2007). Jurnal, Strategi meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak, Akuntabilitas. Vol. 6 No.2 p.186-193
Ilyas, W. B., & Burton, R. (2013). Hukum Pajak – Teori, Analisis, dan Perkembangannya. Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat
Ilyas, W. B. (2010). Perpajakan Indonesia. Jakarta : salemba empat
Jatmiko, A.N. (2006). Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak – Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang. Tesis. Semarang: Program Studi Magister Akuntansi Program Pasca Sarjana Universitas Dipenogoro
Jotopurnomo, C. & Mangoting, Y. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas pelayanan fiskus, sanksi perpajakan, lingkungan wajib pajak Terhadap kepatuhan wajib pajak Orang Pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review. Vol. 1 No. 1 p. 49-54
Mardiasmo. (2013). Perpajakan – Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nurmantu, S. (2005). Pengantar Perpajakan. Jakarta : Kelompok Yayasan Obor
Nurmantu, S.(2007). Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelayanan Perpajakan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Orgsnisasi, Bisnis & Birokrasi. Vol. 15 No. 1 (Januari)
Rahayu, S. K. (2010). Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu
Rahayu, S. K. (2013). Perpajakan Indonesia – Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu Rahman. 2011. Pengaruh Persepsi tentang sanksi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Pelayanan pajak pada Kepatuhan Wajib Pajak. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol.12 No. 2p.97-109
Rajif, M. (2011). Pengaruh Pemahaman, Kualitas Pelayanan, dan Ketegasan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak Pengusaha UKM di daerah Cirbon. Jurnal Ekonomi Akuntansi
Riduwan., & Kuncoro, E.A. (2007). Cara Menggunakan dan Memakai Analisis (Path Analysis). Bandung: CV. Alfabeta
Riduwan. (2009). Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta
Santosa, S. (2002). Buku Latihan Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media
Santosa, S. (2005). Buku Latihan Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media
Sekaran, U. 2014. Research Methods For Business – Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Buku 1 Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat
Suandy, E. 2011. Hukum Pajak Edisi 5. Jakarta : Salemba Empat
Sudjana. (2005). Teknik Analisis Regresi Dan Korelasi. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Supadmi, N. L.(2010). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan, Jurnal Akuntansi dan bisnis. Vol.4 No. 2 Juli 2009. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
Soekanto, S. (2007). Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum. Jakarta: CV Rajawali
Utami, T.D., & Kardinal. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang, Jurnal Akuntansi. pp 1-9
Zain, M. (2008). Pembaharuan Perpajakan Nasional. Bandung: PT Citra Aditya Bakti
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-undang No.28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan
Keputusan Menteri Keuangan No.554/KMK.04/2000 Jo KMK.03/2003
Peraturan Direktur Jendral Pajak Nomor PER-02/PJ/2014, Tentang Pelayanan Perpajakan
Surat edaran DJP No. SE-84/PJ/2011, Tentang Pelayanan Prima
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suryani Nir Apriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.